Sunday, May 1, 2016

Pantai Dullah Darat

Pantai Dullah Darat terletak di Desa Dullah Darat Kecamatan Dullah Utara. Sebenarnya pantai ini merupakan kawasan pantai Desa Dullah Darat yang dihiasi pasir putih yang indah. Kawasan ini merupakan tempat bersantai penduduk desa ini dan arena bermaik serta berkumpul anak-anak. Pantai ini juga merupakan pelabuhan penyeberangan menuju Desa Duroa atau kawasan wisata laut di pulau-pulau sekitarnya seperti Pulau Adranan, Pulau Bair dan Pulau Ohoimas. Yang uniknya, dipantai ini terdapat jajaran pohon-pohon beringin besar yang tumbuh sudah puluhan bahkan ratusan tahun. Ada juga pohon beringin yang sangat besar dari ukuran pohon lainnya dan oleh masyarakat desa dikukuhkan sebagai Pohon Beringin Adat. Tempat ini dapat dijadikan tempat untuk relaksasi sehabis penat bekerja seharian sambil menikmati pemandangan laut yang indah ditemani dengan kelapa muda yang melegakan tenggorokan.

Pantai Dullah merupakan pelabuhan penyeberangan menuju Pulau Dullah Laut, Bair dan jajaran pulau lainnya.   Di Dullah juga terdapat Museum Perahu Belang, yang kondisinya kurang terawatt, dan bahkan rusak, sehingga kurang menarik lagi bagi wisatawan.

DTW ini dalam siklus hidup DTW dinilai telah berada pada tahapan penurunan, sehingga memerlukan penataan ulang dan pengembangan DTW untuk mempertahankan sebagai salah satu lokasi wisata yang menarik di wilayah Dullah Utara.

DTW ini memiliki aksesibilitas yang cukup baik, dan berpotensi dikembangkan sebagai kawasan DTW yang unggul, seiring dengan pengembangan kawasan Pulau Bair sebagai DTW unggulan Kota Tual.