Tuesday, September 6, 2016

PULAU KUR

PULAU KUR

Jalur untuk menuju Pulau Kur bisa ditempuh dengan jalur Jakarta-Ambon-Tual-Pulau Kur. Untuk Jakarta ke bandara Pattimura Ambon bisa ditempuh dengan banyak  flight. Ambon-Tual (Bandara Langgur) hanya dijangkau oleh Wings Air, dengan jadwal 2x sehari, yaitu sekitar jam 8 pagi dan jam 3 sore. Sedangkan untuk Tual ke Pulau Kur lebih spesial lagi, hanya ada 2x kali penyeberangan tiap minggu, yaitu hari Rabu dan Sabtu, sekitar jam 8 pagi. Itupun harus mengecek dulu apakah BMG sana mengijinkan Pelni untuk melakukan penyebrangan ke Kur atau tidak. Haha, berhati-hatilah untuk memilih penyebrangan di musim libur (Desember atau Juni-Juli), karena gelombang sedang tinggi-tingginya. Kapal Pelni ini akan berlayar lewat jalur Tual-Toyando-Kur, dengan harga tiket fluktuatif antara 33-40 ribu, tergantung petugas yang menjual.

Image

Image

Begitu datang di pelabuhan, akses jalan utama pulau ini campuran sebagian aspal dan sebagian tanah, sepanjang 12 km dan melewati 6 perkampungan. Untuk diketahui, bahwa daerah Maluku Tenggara ini mayoritas dihuni oleh muslim, bahkan untuk di pulau Kur ini sendiri pun 100% penghuninya adalah muslim. Beralih ke urusan perut, bermacam-macam ikan laut yang sampai ga hafal namanya udah kayak nongkrong di pinggir pantai minta ditangkepin semua. Apalagi pernah beberapa bulan sebelum penulis datang ke Pulau ini, orang-orang Kur sampai kekenyangan ikan dan banyak ikan yang terdampar di pantai pulau ini. Satu kata untuk ikan disini, “SEGAR”.

Image

Selain itu jagung dan kelapa juga banyak tertanam maupun ditanam di Pulau ini. Kurang sehat apalagi hidup disini? Untuk makan, bisa nego dengan warga di sana, terutama dengan mama-mamanya (mama = panggilan untuk ibu, bahasa umum di Timur). Sekali makan, mau makan nasi, indomie, pake telor ato nggak, ikan ato daging lainnya, banyak maupun sedikit, semua sama 25 ribu. Di luar dari makan, sayangnya sinyal operator telepon manapun tidak terjangkau disini. Walaupun isu-isu beredar bahwa akan segera datang tim dari INTI untuk melakukan proyek pengadaan “sinyal” di pulau ini. So sahabat-sahabat, berbahagialah dan bersiaplah untuk hidup dalam kesunyian dan kenikmatan tidak mengetahui kekacauan di Pulau Jawa. Hehehe.

Objek Wisata? Pulau inilah objek wisata sesungguhnya. Pemandangannya? Tidak perlu diragukan, pasir putih dan laut yang jernih siap memanjakan mata untuk berlama-lama dan berleha-leha menikmati pulau Kur. Silakan mencoba sekali-kali.

Image

Image


Image result for pulau kur maluku

Image result for pulau kur maluku


Image result for pulau kur maluku